Kamis, 31 Desember 2015

18.18
8

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan


Coklat merupakan makanan yang disukai banyak orang meski yang kita tahu coklat itu banyak mengandung lemak dan kalori. Apalagi bagi mereka yang menjalani program diet, mungkin coklat menjadi salah satu daftar makanan yang harus dibatasi konsumsinya. Tapi tahukah 

fakta dan mitos seputar coklat? Faktanya adalah coklat ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama coklat hitam atau dark chocolate. Coklat hitam kaya akan kandungan flavonoid dan theobromine yang baik untuk tubuh. Manfaatnya antara lain mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko serangan jantung, dan meningkatkan aktivitas otak. Itulah kenapa coklat hitam aman bahkan sangat disarankan untuk dikonsumsi.


Tapi rasa coklat hitam cenderung pahit, sedangkan coklat yang sering kita makan adalah coklat yang telah dicampur dengan susu, gula, dan mentega yang membuat coklat itu sendiri menjadi kurang sehat. Jangan khawatir, meski rasanya kurang nikmat, coklat hitam bisa kita kreasikan menjadi makanan serta minuman yang enak dengan tidak mengurangi kandungan menyehatkan di dalamnya. Mau tahu lebih lengkap tentang manfaat coklat? Cek yuk!

Kaya Akan Antioksidan
Coklat merupakan sumber tinggi antioksidan yang punya peranan penting pada tubuh. Antioksidan bekerja untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh serta kulit. Jadi, dengan banyak makan coklat hitam, kita akan terhindar dari penyakit berbahaya sekaligus memperlambat proses penuaan karena coklat akan membuat kulit selalu muda.

Untuk menambah manfaat coklat, kamu bisa membuat saus coklat untuk buah-buahan seperti strawberry, cherry, atau pisang. Dengan begitu, rasa pahit pada coklat ternetralisir dengan rasa manis dari buah-buahan. Ternyata asik kan makan coklat?
pisang saus coklat


Meningkatkan Kesehatan Jantung
Senyawa flavonoid pada coklat meningkatkan keelastisan pembuluh darah, maka dari itulah kolesterol tidak bisa menempel di dinding pembuluh darah arteri sehingga coklat dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Smoothie bisa kamu jadikan pilihan tepat untuk menikmati coklat hitam. Buatlah minuman yang kaya akan protein, kalsium, dan serat dengan mencampur bubuk kokoa tanpa pemanis, susu, yogurt, dan batang coklat hitam menjadi satu minuman yang pas kamu nikmati saat sarapan atau di waktu santai.


Melindungi Kuit Dari Sinar Matahari
Senyawa bioaktif pada coklat hitam ternyata baik untuk kulit, lho. Senyawa yang disebut flavonol ini dapat melindungi kulit dari paparan jahat sinar UV, meningkatkan peredaran darah ke kulit, serta menjaga kulit tetap lembab dan elastis. Buat anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan, dengan makan banyak coklat hitam, maka kulit akan terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah kulit keriput.


Meningkatkan Aktivitas Otak
Adanya antioksidan yang ditemukan pula pada anggur merah dan teh dapat meningkatkan aktivitas otak. Studi menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi kokoa tinggi flavanol memiliki kelancaran peredaran darah ke otaknya. Secara signifikan, coklat akan meningkatkan daya kognitif serta kemampuan verbal seseorang. Kamu bisa membuat berbagai makanan penutup atau cemilan dari coklat. Misalnya saja muffin, cookies, atau campurkan saja lelehan coklat ke atas popcorn untuk santapan yang nikmat namun tetap menyehatkan.


Menurunkan Berat Badan
Buat anda yang selalu memperhatikan berat badan dan sedang menjalani program diet sekaligus hidup sehat, coklat hitam adalah makanan sehat buat kamu. Coklat hitam membantu mengurangi kadar ghrelin yang membuat kita merasa lapar. Itulah sebabnya, coklat baik untuk pelengkap menu sarapan di pagi hari. Tambahkan parutan coklat hitam ke dalam sereal atau oatmeal panas untuk mengurangi nafsu makanmu dan menjaga kestabilan berat badanmu.
coklat dan buah-buahan


Wah, ternyata coklat punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagaimana, masihkah ragu untuk konsumsi coklat?
Semoga bermanfaat :-)
smile emoticon

8 komentar:

  1. wah coklat baik buat kesehatan jantung juga ya :-)

    BalasHapus
  2. asiiikkk coklat bsa menurunkan berat badan, kebetulan badan ku agak lebih :-D , untung suka sama coklat :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cocok tuh, semoga sukses program dietnya :d

      Hapus
  3. aku suka coklat, kalau lagi bete makan coklat aja :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lagi bete liat profil admin aja. .
      dijamin tambah bete...wkwkwk

      Hapus
  4. love banget sama coklat, setia menemaniku disaat sparing sama pacar ...wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. untunglah bukan sama admin love nya, kalau sama admin bisa mampus deh @-) . .wkwkwk

      Hapus